Senin, Oktober 05, 2009

Makanan Sehat Untuk Jantung

Menjaga kesehatan jantung harus dimulai sejak dini. Jangan menunggu sampai jantung bermasalah, baru Anda menjaganya. Jantung yang bermasalah bisa berdampak negatif pada organ tubuh lain bahkan juga menimbulkan kematian.

Berolahraga secara teratur adalah salah satu cara menjaga jantung agar tetap sehat. Selalu mengonsumsi makanan sehat juga merupakan cara efektif untuk menjaga jantung Anda tetap sehat. Berikut beberapa jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan jantung Anda.

- Bubur gandum

Mulailah hari Anda dengan sarapan yang sehat yaitu bubur gandum. Kandungan omega 3, folat dan potasium pada gandum sangat tinggi, baik bagi otak Anda. Kadar seratnya yang tinggi juga bisa menurunkan LDL atu kolesterol jahat dalam darah dan menjaga aliran darah dalam arteri berjalan lancar.

- Salmon

Ikan lezat kesukaan Oprah Winfrey ini, memang sangat efektif menurunkan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsinya dua kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung.

"Salmon mengandung karotenoid astaxanthin, yang mengandung antioksidan tinggi," kata ahli jantung dan penulis buku "Lower Your Blood Pressure In Eight Weeks", Stephen T. Sinatra, MD, seperti vivanews kutip dari health.com, Senin 5 Oktober 2009.

- Alpukat

Buah yang mengandung lemak nabati ini, juga sangat baik untuk jantung Anda. Menambahkannya pada salad atau mengonsumsinya dengan menambahkan sedikit kopi dan gula, bisa menjadi cara alternatif mengolah alpukat. Kandungan asam lemak tak jenuh pada alpukat juga bisa menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

- Kedelai

Kacang kedelai juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan mengandung protein nabati yang bagus untuk kesehatan jantung. Banyaklah mengonsumsi tempe, tahu dan edamame. Minum susu kedelai secara teratur juga sangat baik bagi kesehatan jantung Anda.

Dikutip dari Yahoo News (By Finalia Kodrati, Mutia Nugraheni )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar