Selasa, Oktober 11, 2011

BAB1 - PENGENALAN KOMPUTER

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
1.1 Definisi Komputer
Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu*.
Komputer dapat menyusun data dalam bentuk 1 dan 0. Data diletakkan dalam“chips” atau dalam “memory” dari komputer dalam bentuk gelombang listrik: bila terdapatsedikit saja aliran listrik masuk ke dalam area tertentu dari “chip” tersebut maka computer akan menginterpretasikannya sebagai SATU. Bila tidak ada masukan aliran listrik, computer akan menginterpretasikannya sebagai NOL.
1.2 Fungsi Komputer
Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu
1. Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
2. Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer
3. Brainware (SDM)


1.2.1 Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama, yaitu
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukanpemrosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secarakeseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit)dan Control Unit.
Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unitnya.
Contoh: jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatanpemrosesan satu instruksinya =T = 1/f = 1/(350x 106Hz), = 0,286 x 10-8 detik.

Bagian Utama Processor:
• Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semuaperangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai outputdevice.
• Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khususmengolah data aritmatika (tambah, kurang, kali, bagi) serta data logika(perbandingan).
2. Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari programyang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memoriprimer adalah
- Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan,informasi yang disimpannya juga hilang)
- kecepatan tinggi
- akses random (acak)
Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapatdirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROMdiperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagianakan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintahuntuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatanyang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROMtidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROMtelah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, antara lain;
a. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengancatatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
b. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROMdimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yangdiinginkan.
c. EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus danprogram kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinarultraviolet.
d. EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dariROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM denganmenggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyakdigunakan saat ini.

Random Access Memori (RAM),
dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses
secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk
sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang
tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat
pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat
komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket,
Harddisk, PCMCIA card dan lain-lain.
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program binersecara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah
o non volatil atau persisten
o kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
o akses random atau sekuensial
Contoh memori sekunder: floppy, Zip Drive, harddisk, Flash disk, CD ROM, magnetictape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme aksessekuensial adalah magnetic tape

3. Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antarakomputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima
masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan:Disket Floppy Drive Zip Drive Hardisk Flashdisk
1.2.2 Software (Perangkat Lunak)
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer sertamenyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi: MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2,UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkatpemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll.
Contoh produk program utilitas: Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhikebutuhan yang spesifik. Contoh: aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasimanufaktur, dll
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum,seperti:
o pengolah kata /editor naskah: Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
o pengolah angka / lembar kerja: Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
o presentasi: MS PowerPoint, dll
o desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, dll
5. Bahasa Pemrograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan ataupengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemrograman dapat diklasifikasikanmenjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi.Pergeseran dari tingkatrendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’.Bahasa tingkatrendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaansatu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi: Pascal, BASIC,Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah: bahasa C.Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemrograman juga memiliki pertumbuhangenerasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar